Jumat, 31 Mei 2013

7 Kiat Menjadi Sukses


Kata SUKSES tentu saja selalu menjadi doa setiap orang…. Ukuran sukses seseorang itu juga berbeda-beda. Ada yang merasa sukses ketika sudah memiliki harta melimpah, sukses ketika meraih jabatan tinggi, sukses ketika punya perusahaan besar dan banyak, bahkan ada yang mengukur sukses bagi dirinya ketika dia memiliki keluarga yang bahagia dan sejahtera. Setiap orang juga memiliki jalan sukses yang berbeda-beda. Namun sebenarnya tujuannya tidak lebih adalah untuk kepuasan diri pribadi, yang akan menular pada kepuasan orang-orang di sekitarnya, pada orang tua, suami/istri, anak atau saudaranya. Tapi whatever-lah .. biarkan kata sukses itu dengan berbagai gayanya… yang jelas kali ini saya ingin berbagi wacana tentang 7 Kiat menjadi Sukses yang terinspirasi dari sebuah artikel yang dimuat di majalah Intisari terbitan tahun 2001.. sudah jadul memang… tapi artikel ini masih relevan dan menarik untuk dibaca.

Orang sukses adalah yang terus mencoba, meskipun sudah mengalami banyak kegagalan. Ia memandang kehidupan sebagai peluang untuk meraih kesuksesan. Itulah kira-kira kesimpulan dan penilitian selama 40 tahun terhadap orang-orang sukses. Nach…  apa yang sebenarnya mereka ketahui dan lakukan untuk menjadi sukses ?

1.    Orang sukses mau mengambil resiko. Mereka berupaya untuk mencapai target, melakukan penghematan, membangun relasi guna mengikuti perkembangan zaman.

2.    Orang sukses percaya diri dan merasakan bahwa mereka berbuat sesuatu untuk dunia. Mereka memandang sebuah dunia yang besar dan ingin memainkan peranan penting di dalamnya. Mereka tetap bekerja dengan ketrampilannya, sambil tetap menyadari bahwa ketrampilan inti member nilai pada ketrampilan lainnya. Mereka juga sadar karya terbaik akan memberikan kompensasi bagi mereka.

3.    Orang sukses menikmati apa yang mereka lakukan. Mereka mampu melihat pekerjaan sebagai kesenangan. Mereka memilih bekerja, dimana mereka bisa menjadi unggul. Orang sukses menyukai tantangan, mereka menikmati pencapaian puncak dalam bisang apapun.

4.    Orang sukses adalah pelajar seumur hidup. Mereka menyadari pendidikan tidak pernah berakhir, tapi dimulai di tiap tingkatan kehidupan dan terus berlanjut hingga akhir kehidupan.Pendidikan tidak terbatas di ruang kelas, artinya mencoba ide baru, membaca, menggunakan internet, merupakan pendidikan juga. Untuk itu tetaplah mengalir sesuai perubahan ketertarikan dan kemampuan anda dan nikmati perubahan. Ini akan membuat anda tumbuh dan merasakan lebih percaya diri.

5.    Orang sukses berpandangan positif terhadap apa yang dapat mereka kerjakan. Mereka itu percaya gelas itu setengah penuh, bukan setengan kosong. Mereka menanamkan semangat pada diri sendiri dan dapat membayangkan diri bagaimana mereka berhasil menyelesaikan suatu tugas sulit atau mencapai penghargaan tertinggi. Orang sukses berbuat seolah menjadi pelatih bagi orang lain, dengan memberikan pesan-pesan positif dalam kehidupan sehari-hari. Mereka senang melihat orang lain membuat tonggak sejarah dalam kehidupan mereka.

6.    Orang sukses punya banyak cara untuk memotivasi diri sendiri, sehingga dapat terus berkarya lebih baik dari orang lain.

7.    Orang sukses melakukan pekerjaan dengan total dan tidak setengah-setengah. Mereka menggunakan cara kreatif dalam meraih sukses. Meski mungkin membutuhkan waktu lebih lama, namun akhirnya mampu mencapai garis finish. Mereka memanfaatkan waktu dengan baik dalam mensinergikan kemampuan fisik dan mental untuk mencapai sukses.
Sepertinya Anda mampu melakukan ke 7 hal diatas dan mencapi sukses seprti orang lain.

Salam Sukses !

 

Image source : gakbasi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mimpi Yang Bersambung

Setiap kita terlelap dalam tidur.. biasalah kalau kita bermimpi.. ada mimpi yg bisa diingat.. namun ada yang hilang dan terlupa saat ki...