Selasa, 10 Desember 2013

Kebebasan


Waktu itu... aku sedang duduk menunggu adikku di lobby hotel Maharani Mampang Jakarta... Niatnya dia mau nganter aku jalan-jalan setelah dia “memaksaku” liburan di Jakarta.
Sendiri … bengong…. Sebel  juga sih…
Sekitar setengah jam aku melamun sambil memandangi orang-orang keluar masuk hotel…  berjalan cepat dan terburu-buru. Hari itu memang bukan hari libur atau bulan-bulan dimana banyak orang berlibur. Jadi Jakarta tetep aja bising, berisik dan panas. Semua orang berjalan cepat dan tidak peduli dengan apa yang ada disekitarnya. Aku menghela nafas.. setidaknya hari ini atau beberapa hari ini aku memang bebas… bebas melakukan apa yang aku mau… setelah sekian waktu terbelenggu rutinitas yang capek dan menjemukan. Hari ini kau males berfikir berat, dan pengen cari kesenangan. Ya.. aku pengen bebas.. sejenak melupakan pekerjaan !! 

Kata Bebas ini juga yang mengusik pikiranku kemudian. Bebas yang seperti apa ya ? Jika semua orang boleh bebas dan melakukan apa yang mereka mau ? Membuat aturan untuk dirinya sendiri, atau boleh berada dimana saja meskipun itu bukan ditempatnya ? Apakah ini kebebasan atau justru kekacauan…?
Kebebasan sering disalah artikan sebagai melakukan sesuatu menurut keinginan pribadi kita. Insting kita ini sebenarnya maunya melakukan apa saja tanpa berfikir akibatnya. Dan ini pasti lebih menyenangkan, lebih menguntungkan dan lebih memudahkan daripada harus mentaati disiplin. Padahal kita tidak akan bisa sukses tanpa disiplin.Memahami manfaat dari nilai-nilai disiplin memang nggak mudah.

Ada sebuh kisah tentang seorang anak yang tengah bermain laying-layang dengan ayahnya.
Anak itu bertanya “Ayah apa yang membuat layang-layang itu terus naik ke angkasa ?”
Sang ayah menjawab, “ Benangnya”.
Si anak bertanya lagi, ”Apakah benang itu juga yang menahan layang-layang itu supaya tidak jatuh ?”
Si ayah kemudian menyuruh anaknya memperhatikan yang dia lakukan.
Diambilnya gunting lalu dipotongnya tali yang mengikat layang-layang itu.. putus..!! dan layang-layangpun jatuh ke tanah.

Seperti itulah kehidupan kita. Karena terkadang hal-hal yang menurut kita menahan kita, ternyata merupakan hal-hal yang membuat kita terbang.


*image source : kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mimpi Yang Bersambung

Setiap kita terlelap dalam tidur.. biasalah kalau kita bermimpi.. ada mimpi yg bisa diingat.. namun ada yang hilang dan terlupa saat ki...