Selasa, 03 Desember 2013

Apa itu MISTLETOE ?



Di Indonesia.. Mistletoe emang jarang digunakan sbg dekorasi Natal.. bahkan mungkin banyak yang nggak ngerti apa itu Mistletoe...karena tanaman ini mungkin tidak ada di Indonesia.
Mistletoe adalah salah satu jenis parasit yang tidak memiliki akarnya sendiri dan hidup menempel pada pohon lain. Mistletoe dianggap keramat oleh orang-orang Eropa kuno  dan orang celtic menganggap daun itu memiliki kekuatan sbg penyembuh yang ajaib. Bangsa Norwegia memiliki mitos simbolik yang indah tentang mistletoe. 
Dikisahkan Mistletoe adalah tanaman milik Frigga dewi cinta dan ibu Balder sang dewa matahari musim panas . Suatu ketika Balder  bermimpi tentang kematian  yang membuat ibunya khawatir karena jika Balder mati  maka kehidupan di bumi pun akan musnah.  Untuk itu ia pergi menjumpai udara,  api, air, bumi dan setiap binatang maupun tanaman, untuk membuatnya berjanji tidak akan ada musibah  yang menimpa putranya. Namun Balder punya satu musuh yaitu Loki, si dewa setan yang tahu bahwa ibu Balder lupa dan melewatkan tanaman Mistletoe  untuk menjaga keselamatan anaknya. Loki kemudian membuat ujung mistletoe sebagai panah lalu menusuk Balder hingga tewas. Langit menjadi kelabu dan semua yang ada di bumi dan di surga menangis meratapi Balder sang dewa matahari itu. Selama 3 hari  setiap elemen di bumi berusaha membuat Balder hidup kembali.  Dan akhirnya airmata Frigga si pemilik Mistletoe dan ibunya berubah menjadi buah berri yang putih seperti mutiara pada tanaman mistletoe dan berhasil menghidupkan Balder kembali. Dan karena bahagia Frigga kemudian mencium siapa yang lewat di bawah pohon dimana daun mistletoe tumbuh. Cerita ini berakhir menjadi kepercayaan  bahwa barang siapa yang berdiri di bawah mistletoe  tidak akan dilukai atau tertimpa kemalangan  namun akan mendapat ciuman sbg tanda cinta. Semangat mitos lama ini kemudian diterjemahkan ke dalam cara pandang dan berfikir Kristiani  dan menerima mistletoe sebagai lambang dan tanda bahwa Cinta mengalahkan kematian. Mistletoe menjadi lambang dari Pohon Kehidupan  dan mengaitkan dengan kelahiran Kristus yang suci.


image source : google

1 komentar:

Mimpi Yang Bersambung

Setiap kita terlelap dalam tidur.. biasalah kalau kita bermimpi.. ada mimpi yg bisa diingat.. namun ada yang hilang dan terlupa saat ki...