Selasa, 03 Desember 2013

Kisah Pohon NATAL


Pohon Natal selalu mewarnai setiap hari Natal.. terutama saat bulan Desember.. Pohon Cemara yang dihias warna warni itu selalu jadi pajangan utk memeriahkan Natal... tapi siapa tahu...asal nya pohon cemara dipakai sebagai pohon Natal ?
Ini ada beberapa versi Kisah Pohon Natal

1. Konon..Legenda Pohon Natal ini berkisah tentang Martin Luther... seorang reformis Gereja  dan pendiri aliran Protestan . Suatu hari ia sedang jalan-jalan mengitari hutan di malam natal. Ketika sedang berjalan...tiba-tiba ia terpesona oleh keindahan taburan bintang di angkasa yang bersinar diantara pohon cemara. Karena saking terpesonanya, Martin Luther menebang pohon itu dan membawanya pulang...Dan untuk mendapatkan keindahan yang serupa dari sinar bintang yang dilihatnya di hutan,  ia menempatkan lilin-lilin di semua cabangnya

2. Lain kisah tentang Pohon Natal versi Martin Luther. Lain lagi yang terjadi di Jerman. Pohon yang digunakan secara khusus untuk merayakan Natal sekitar tahun 1600 ini, didekor dengan kertas-kertas dan pita –pita berwarna warni, selain itu juga dihiasi dg mainan kecil, makanan dan lilin. Tradisi ini dibawa seiring dengan perpindahan migrasi mereka ke negara lain. Ketika memasuki tahu 1900-an, banyak pohon Natal yang dihiasi dengan popcorn, kartu dan gambar buatan sendiri,  kapas untuk memberi kesan salju, lalu ditempelkan juga permen  dan kadang bola kaca. Sementara lilin akhirnya digantikan dengan lampu elektrik yang digunakan 3 tahun setelah Thomas Alfa Edison mendemonstrasikan lampu listrik penemuannya di tahun 1879. Namun lampu-lampu Natal tsb pada awalnya merupakan buatan tangan yang cukup mahal harganya.

3. Salah satu kisah tentang pohon Natal adalah cerita tentang Santo BONIFASIUS, seorang biarawan Inggris yang berperan dlm organisasi Gereja Katolik di Perancis dan Jerman. Suatu hari ketika ia sedang berjalan-jalan  ia melihat sekumpulan orang-orang yang belum beriman mengelilingi sebuah pohon OAK dan mereka mengurbankan seorang anak kecil kepada Dewa Tor. Untuk menghentikan perbuatan itu Santo Bonifasius menumbangkan pohon itu dengan satu kali pukulan.  Dan dari tempat pohon itu tumbuh sebatang pohon cemara kecil. Santo berkata kepada para pemuja dewa tsb bahwa pohon cemara kecil adalah pohon kehidupan dan menunjukkan hidup abadi Kristus.  Sejak itulah pohon cemara menjadi simbol Natal untuk menunjukkan Hidup Abadi Kristus.


image animas source : google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mimpi Yang Bersambung

Setiap kita terlelap dalam tidur.. biasalah kalau kita bermimpi.. ada mimpi yg bisa diingat.. namun ada yang hilang dan terlupa saat ki...