Selasa, 03 Desember 2013

Who is SINTERKLAS ?

Natal sebentar lagi tiba... pernak-pernik Natal sudah mulai menghias banyak tempat. Gereja-gereja, pertokoan, rumah-rumah... waaahhh...meriah... Tapi ada satu tokoh Perayaan Natal yang sangat khas, sehingga bisa membuat perayaan semakin meriah dan menarik.. terutama bagi anak-anak. Sinterklas atau sering disebut juga Santa Claus.. Tapi pernahkah kita terpikir... siapa sebenarnya Sinterklas itu.. dan dari mana asalnya ?

Kisah tentang siapa Sinterklas juga banyak versinya....
Santa Claus atau Sinterklas punya nama asli Nicolaas, yang lahir 6 Desember tahun 280 sesudah Masehi di Patara tidak jauh dari Myra Turki. Ayahnya bernama Ephiphanius dan Ibunya Nanna. Nicolaas di tahbiskan menjadi pastor pada usia 18 tahun.  Namun karena sifat belas kasihnya yang besar untuk membela umat dan fakir miskin, akhirnya pastor Nicolaas diangkat menjadi Uskup. Banyak cerita berkembang menjadi legenda tentang Uskup Nicolaas yang penuh kasih ini, salah satunya adalah bagaimana ia berdoa sekuat tenaga untuk bisa meredakan kapal yang didera angin ribut di lautan hingga akhirnya Nicolaas dianggap sebagai orang suci atau Santo Nicolaas. Para imigran kemudian membawa Bapa Natal atau Santo Nicolaas ini ke Amerika Serikat, kemudian namanya lambat laun berubah menjadi Santa Claus atau Sinter Claas, seorang laki-laki gendut berjanggut putih yang mengenakan baju merah dan ikat pinggang besar.  Dan menjadikannya seorang pria tua yang riang dan berpipi merah dan sinar di matanya. Santa Claus kini menjadi mitos yang diceritakan tinggal di kutub utara, tempat dimana ia membuat mainan sepanjang tahun ditemani kurcaci-kurcaci kecil dan mengendarai kereta salju yang ditarik rusa. Nach…itulah Sinter Claas atau Santa Claus. Mau dong dapat hadiah dari Sinterklas …!!


image source : google


1 komentar:

  1. Hebat cerpen tentang Nicolaas dan siapa Sinterklas. Tks karena nama baptis saya juga Nicolaas dan saya dapat brlajar dari cerita ini. Nico D.

    BalasHapus

Mimpi Yang Bersambung

Setiap kita terlelap dalam tidur.. biasalah kalau kita bermimpi.. ada mimpi yg bisa diingat.. namun ada yang hilang dan terlupa saat ki...