Sabtu, 24 November 2012

Saat Usia Senja Datang

she's my beloved Mom
Sore ini... sudah menjadi kewajiban bagi ibu-ibu di kampung tempatku tinggal untuk berkumpul dan bersosialisasi... menggelar arisan, tabungan, simpan pinjam, menawarkan dagangan, rembugkan tentang ini itu, maksudnya untuk bersama-sama mensejahterakan kehidupan berkeluarga... 

Mungkin tidak berbeda dengan organisasi ibu-ibu di kampung-kampung lain seantero Indonesia ini... Tapi hal unik yang kurasakan adalah ... nyaris 90% ibu-ibu ini berusia diatas 60-an... Waaaalllaaahhh....usiaku hanya setua anak mereka.. tentu saja aku menemukan hal-hal baru yang jarang aku hadapi sebelumnya, mengingat selama ini aku bekerja dan bergaul dengan usia sebayaku, bahkan anak-anak dibawah usiaku. Tapi baru 2 tahun aku tinggal disini, sudah merasa aneh, gemes sekaligus bete tiap kali ada persoalan sedikiiiittt aja.. pembahasannya bisa menghabiskan waktu. Semula aku sering kesal dan males tiap tiba waktunya harus kumpul dengan mereka. Mau gak didengerin gak enak, mau tak cuekin , mmmm... gimana yaaa..? atau ditinggalin fesbukan aja... haaiiiyyaaaa... gak mungkin lagi, soalnya yang duduk disebelahku pasti tahu (saking duduknya berdempetan). Akhirnya ya cuma ditahan.. diam.. sambil ngalamun. 

Tapi akhir-akhir ini... aku berusaha menyadari dan menerima keadaan bahwa tidak bisa menghindari untuk selalu harus datang dan datang lagi... maka aku harus mencoba untuk menikmati kebersamaan dengan mereka. Bukankah suatu saat nanti jika dikarunia umur panjang, aku akan merasakan seperti yang mereka rasakan. Mulai kesulitan saat harus duduk ngelesot di atas lantai berselimut karpet, mulai mengeluhkan berbagai penyakit, menggosok-gosokkan 'parfum' minyak angin, sampai lambat ketika harus berfikir. Suka tidak suka masa tua akan datang dengan segala persoalannya. Adalah menjadi hebat jika tua itu dengan kondisi tubuh yang sehat, meskipun tak sekuat dulu, menjadi tua tanpa harus pikun meski mulai lambat berfikir atau menjadi tua dengan semangat hidup yang menyala-nyala.

Menjadi tua tanpa banyak mengeluh.... dan bila saatnya Tuhan memanggil sudah meninggalkan kebaikan dan manfaat bagi orang lain.
Amin... amin... amin.....

1 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus

Mimpi Yang Bersambung

Setiap kita terlelap dalam tidur.. biasalah kalau kita bermimpi.. ada mimpi yg bisa diingat.. namun ada yang hilang dan terlupa saat ki...